Sebelumnya, bolehkah kami mengucapkan salam perkenalan dengan memanjatkan syukur dan do'a.Perusahaan kami CV.TITIAN SARI BOGA Memahami betul arti ketepatan waktu didalam pengiriman sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut kami telah melakukan beberapa gebrakan seperti jam kerja, cara kerja dan bahkan mekanisme pengaturan jam kerja karyawan kami sehingga dapat menghasilkan pelayanan yang semaksimal mungkin.
Kami atas nama CV.TITIAN SARI BOGA bermaksud menawarkan jasa catering kepada perusahaan dan pabrik dimana ketepatan waktu dan mutu baik itu rasa maupun kebersihan menjadi prioritas utama dalam menunjang kinerja dari perusahaan kami didalam memberikan pelayanan.Kami selalu berusaha untuk menjaga dan memperhatikan mutu dari makanan yang kami sajikan.
Akhir kata.Kami harap Bapak/Ibu dapat memberikan kesempatan kepada kami.Kami yakin, Kami mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen.
TERIMA KASIH
TITIAN SARI BOGA CATERING
COMPANY PROFIL
Titian Sari Boga Catering pada awalnya adalah sebuah usaha rumahan yang bergerak dibidang makanan yang biasa menerima pesanan jasa catering kecil-kecilan, seperti untuk acara keluarga, arisan, ulang tahun dan selamatan.
Tapi seiring dengan berjalannya waktu usaha ini semakin lama semakin berkembang dengan pesanan yang lebih besar dan variatif sehingga kami mengurus surat ijin dalam bentuk perusahaan (CV), yang disertai surat-surat ijin dari instansi terkait.Dan selanjutnya perusahaan ini secara resmi diberi nama "CV.TITIAN SARI BOGA"
v Lokasi Usaha
CV.Titian Sari Boga
berlokasi di jl.Parahyangan rt.02 rw.18,kelurahan Adiasa Barat, Kecamatan
Karawang Barat, Kabupaten Karawang.
v Visi dan Misi
1. Visi : Berusaha keras untuk
mencapai kepuasan pelanggan melalui produktivitas kerja yang maksimal
dan profesional.
2. Misi : Meningkatkan profesionalisme,
produktivitas, dan efisiensi kami untuk mencapai kepuasan
pelanggan.
antara lain melalui ketepatan waktu, pelayanan prima penyediaan
makanan yang berkualitas, sehat dan bercita rasa.
v Maksud dan Tujuan
Kami berkomitmen untuk menyediakan produk
berkualitas dan service yang prima terhadap pelanggan kami secara
konsisten.Sebagai sebuah badan usaha kami selalu menjaga dan meningkatkan
hubungan baik dengan suplier kami.
v Alat dan Transportasi
Untuk menunjang kelancaran opersional perusahaan,
kami memiliki 2 unit mobil antara lain : grand max, dan avanza, ditambah 2 unit
sepeda motor.
Dan saat ini kami masih melayani beberapa pesanan
untuk acara- acara keluarga dan wedding.
v Penyajian Makanan
Perusahaan kami juga berkomitmen untuk menyediakan
produk- produk makanan yang sehat dan berkualitas yang bersumber dari bahan baku yang bersertifikasi dan memenuhi standar rekomendasi LP-POM-MUI
STANDAR OPERATION PROCEDURES ( SOP )
Isu global dalam produk pangan, menurut badan dunia WHO bahwa : “ Penyakit Karena Makanan Meningkat”, dikarenakan
:
a. Rendahnya pemahaman tentang
cara menyiapkan makanan yang bersinh dan sehat.
b. Kecenderungan
meningkatnya makan diluar dan makan makanan siap saji.
c. Kuman
penyebab penyakit mungkin lebih “Resisten”.
Sehingga
dua hal penting yang diperlukan dalam hal ini :
1. SAFETY
( KEAMANAN )
- Aman
tidak menyebabkan penyakit
- Bebas
kontaminasi
2. QUALITY
( MUTU )
- Sesuai
kualitas/standard konsumen
- Kandungan
nutrisi tinggi
- Rasa
sesuai bahan yang terbaik
Untuk
mengantisipasi tersebut Titian Sari Boga selalu berusaha memenuhi
tuntutan-tuntutan diatas dengan melakukan pembenahan secara terus menerus.
Adapun
langkah-langkah yang telah dilakukan sampai saat ini, adalah sebagai berikut :
1. Merubah
sikap dengan membiasakan melalui program 5S dan menerapkan penataan dan
kebersihan tempat kerja melalui program 5S atau 5R ( Ringkas, Rapi, Resik,
Rawat Rajin )
2. Melaksanakan prosedur
operasi standard untuk senitasi atau SENITATION STANDAR OPERATING PROSEDURE (
SSOP )
3. Mengadopsi
sistem pengendalian mutu sesuai system HAZARD ANALYSIS CRITICAL
CONTROL POINT (HACCP)
“
Preventif ( Pencegahan ), proaktif menjadi menjadi prioritas dan tujuan untuk
mengantisipasi bahaya biologis dan kimiawi “.
Dalam melaksanakan penyajian kami memberikan alternative yang tepat dan disesuaikan kebutuhan konsumen dengan cara menggunakan rantang / box buffet / prasmanan.
1.3 Proses Pengemasan
Rantangan / Box
Dalam pengemasan kedalam rantang atau box, kami kerjakan diruang sehat ( tidak terkontaminasi dari bakteri / kuman), menggunakan meja stainles yang bersih, menggunakan hand glove ( sarung tangan ) sehingga kebersihan makanan dan kualitas makanan tetap terjaga sampai ditempat.
Buffet / Prasmanan
Dalam pengemasan kedalam container, kami menggunakan penutup makanan sehingga makanan tidak terkontaminasi dari bakteri baik melalui debu atau udara. Dalam penyajian kami menggunakan standar service seperti : Apron ( Celemek ), Chef Hat ( Topi ), dan Hand Glove ( Sarung tangan )
1.4 Quality Control
Setiap makanan yang diproduksi senantiasa melalui proses pemeriksaan kualitas makanan melalui uji coba sesuai dengan standard sebagai berikut :
1. Pemeriksaan mutu bahan baku, meliputi seluruh bahan baku / raw material yang dipergunakan dalam proses produksi dengan kualitas yang baik dan sehat.
2. Proses produksi yang kami lakukan dengan mengutamakan sisi kebersihan dimulai dari persiapan bahan dalam pengupasan, pencucian, pemotongan hingga peralatan penunjang higienis.
3. Rasa setiap masakan dijamin lezat untuk disajikan kepada pelanggan.
4. Pemeriksaan terakhir sebelum pengiriman makanan dilakukan secara ketat dan teliti dengan tujuan untuk menghindari adanya kekurang lengkapan makanan atau pun sarana penunjangnya sampai ke pelanggan.
5 Masakan akan siap disajikan 1 ( Satu ) jam sebelum waktu makan agar rasa kesegaran masakan tetap terjamin.
Perencanaan dan Menu Penyajian
Perencanaan Menu serta Penyajian, dibuat setiap bulan dan diajukan kepada Tim Menu dari PT. Untuk mendapatkan persetujuan, selambat-lambatnya 1 (satu) minggu sebelum dimulainya kegiatan. Perencanaan menu dibuat setelah Tim Menu melaksanakan survey lapangan, mempelajari keinginan karyawandan juga berdasarkan standar agar biaya, standar makanan, standar porsi, standar resep, pola menu, peraturan makan, jam makan,kebiasaan karyawan makan dan jumlah serta macam konsumen.
Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sangat dibutuhkan guna peningkatan kreatifitas dan produktifitas kerja. Hal ini dapat dicapai dengan mengadakan perbaikan gizipekerja. Upaya perbaikan gizi pekerja berarti meningkatkan kualitas fisik dalam artian peningkatan daya tahan tubuh, peningkatan kesanggupan kerja, juga peningkatan kualitas non fisik seperti kecerdasa, aspirasi yang tinggi dan peningkatan keterampilan, yang selanjutnya peningkatan pendapatan kerja.
Dalam melakukan pekerjaanya perlu disadari bahwa masyarakat pekerja yang sehat akan bekerja lebih giat, tekun, produktif dan teliti, sehingga dapat mencegah kecelakaan kerjayang mungkin terjadi selama bekerja. Kondisi ini tentunya sangat membahayakan keselamatannya apalagi kalau pekerja tersebut bekerja dengan menggunakan alat-alat yang dalam penggunaanya sangat membutuhkan konsentrasi dan perhatian yang tinggi.
Sebenarnya, dalam pembahasan gizi salah yang dapat menimbulkan masalah kesehatan tidaklah semata-mata hanya keadaan kurang gizi, namun kelebihan gizi pun dapat menimbulkan gangguan pada manusia.
Sesuai kebutuhan kalori untuk tenaga kerja dapat dicontohkan sebagai berikut :
Ø Pria dewasa melakukan pekerjaan ringan memerlukan = 2.800 kilokalori
Ø Pria dewasa melakukan pekerjaan sedang memerlukan = 3.300 kilokalori
Ø Pria dewasa melakukan pekerjaan berat memerlukan = 3.800 kilokalori
Siklus menu dibuat mingguan dan diajukan setiap bulan sekali dan diharapkan sudah mendapat persetujuan seminggu sebelum pelaksanaan ( dengan catatan : Perubahan menu bisa terjadi karena : Permintaan dari management PT. Atau ketersediaan bahan pangan di pasaran ).
Sesuai permintaan makanan guna memenuhi kecukupan gizi 1.100 kalori dengan estimasi usia karyawan berkisar 20 s/d 50 tahun, terdiri dari standar porsi yang kami ajukan sebagai berikut :
Ø Makanan pokok : 180 gram – 250 gram / 640 kalori – 875 kalori
Ø Protein hewani : 40 gram – 75 gram
Ø Protein nabati : 50 gram – 80 gram
Ø Sayuran : 150 gram
Ø Buah : 100 gram
Standar resep yang akan disajikan dengan mempertimbangkan survey darimana karyawan yang akan makan berasal secara mayoritas, jumlah karyawan, dengan memakai resep-resep yang sudah ada, seperti : resep masakan sunda, resep masakan jawa, resep masakan padang dan lain-lain. Pemilihan resep menu makanan dipilih berdasarkan selera karyawan dengan membuat variasi menu makanan, sehingga penyajian rasa tidak membosankan ( Catatan : Secara berkala akan dibagikan quiztioner kepada karyawan yang makan, sehingga ada komunikasipelayanan kantin dengan karyawan yang dilayaninya). Pemesanan jumlah makanan akan dibuatkan order oleh perusahaan, jika terjadi revisi jumlah order makanan yang sudah dipesan dan akan diajukan selambat-lambatnya 4 ( empat ) jam sebelum jam makan.
Pengajuan nilai anggaran diajukan setelah bernegosiasi dengan Perusahaan, menyangkut hak dan kewajiban masing-masing pihak yang akan dituangkan dalam kontrak kerjasama. Sesuai ketentuan yang berlaku standar makanan guna memenuhi kecukupan gizi dengan estimasi usia karyawan berkisar 20 s/d 50 tahun, terdiri dari :
Ø 10-15% Protein ( 90-160 gram )
Ø 20-25% Lemak ( 80-100 gram )
Ø 60-75% karbohidrat ( 525-630 kalori )
Sebagai catatan kalori yang dihasilkan untuk setiap :
Ø 1 gram karbohidrat = 5 gram kalori
Ø 1 gram protein = 4 gram kalori
Ø 1 gram lemak = 9 gram kalori
Vitamin dan mineral dibutuhkan sebagai pengatur tubuh dengan jalan memperlancar proses oksidasi, memelihara fungsi normal otot dan syaraf, vitalitas jaringan dan menunjang fungsi-fungsi tertentu.
Air dan oksigen dari udara, peran air sangat penting sebagai medium atau pelarut dari getah-getah tubuh, peredaran darah danproses-proses dalam tubuh lainnya.
Ø Kebutuhan kalori wanita dewasa per- hari = 1.600 – 2.000 kilokalori
Ø Kebutuan kalori pria dewasa per-hari adalah = 2.500 – 4.000 kilokalori
No
|
Hari/Menu Makanan
|
Berat (Gr)
|
kalori (Kal)
|
Protein (Gr)
|
Lemak (Gr)
|
Karbohidrat (Gr)
|
Menu 1
|
1. Nasi putih
|
395,47
|
709,94
|
8,31
|
0,39
|
160,56
|
2. Ikan goreng
|
77,12
|
83,67
|
13,11
|
3,47
|
0,00
| |
3. Sayur Asem
|
300,16
|
158,18
|
72,52
|
1,14
|
30,26
| |
4. Tempe Goreng
|
50,34
|
75,01
|
9,21
|
20,14
|
6,39
| |
5. Kerupuk
|
8,44
|
29,54
|
0,04
|
0,02
|
7,25
| |
6. Sambal
|
147,62
|
17,96
|
2,56
|
0,33
|
1,19
| |
7. Apel
|
147,62
|
75,35
|
0,39
|
0,52
|
19,36
| |
Jumlah
|
1126,77
|
1149,65
|
106,14
|
26,01
|
225,01
| |
Menu II
|
1. nasi Putih
|
401,13
|
714,01
|
8,42
|
0,4
|
162,86
|
2. Rendang ati
|
79,8
|
127,97
|
18,36
|
3,08
|
5,77
| |
3. Tumis buncis
|
183,19
|
64,12
|
4,39
|
0,37
|
14,11
| |
4. Sambal Goreng Kentang
|
126,49
|
116,37
|
6,78
|
10,73
|
20,36
| |
5. Risoles
|
59,85
|
135,97
|
3,65
|
0,48
|
28,75
| |
6. Kerupuk
|
8,72
|
30,52
|
0,04
|
0,02
|
7,49
| |
7. Sambal
|
21,92
|
16,44
|
2,34
|
0,29
|
1,09
| |
8. Jeruk
|
132,94
|
43,07
|
0,86
|
0,19
|
10,72
| |
Jumlah
|
1014,04
|
1248,47
|
44,84
|
15,56
|
251,15
| |
Menu III
|
1. nasi Putih
|
324,27
|
577,20
|
6,81
|
0,32
|
131,65
|
2. Rendang Daging
|
50,62
|
251,88
|
9,29
|
20,28
|
6,44
| |
3. Gulai Nangka
|
421,94
|
139,19
|
7,03
|
0,97
|
24,67
| |
4. Tahu Goreng
|
55,72
|
37,89
|
4,35
|
2,56
|
0,89
| |
5. martabak Telor
|
31,05
|
65,97
|
3,98
|
3,57
|
0,19
| |
6. Kerupuk
|
8,35
|
29,23
|
0,04
|
0,02
|
7,09
| |
7. Sambal
|
19,00
|
14,25
|
2,03
|
0,26
|
0,95
| |
8. Pepaya
|
118,32
|
40,82
|
0,44
|
0,00
|
10,83
| |
Jumlah
|
1029,27
|
1156,43
|
33,97
|
27,98
|
182,71
| |
Menu IV
|
1. nasi Putih
|
377,54
|
972,02
|
7,93
|
0,38
|
153,28
|
2. ayam Goreng Serundeng
|
81,8
|
171,02
|
8,99
|
14,45
|
0,54
| |
3. Mie Goreng
|
132,95
|
130,15
|
3,02
|
4,63
|
19,19
| |
4. Sambal Goreng Labu Siam
|
230,09
|
59,82
|
1,38
|
0,23
|
15,42
| |
5. martabak Telor
|
34,73
|
73,79
|
4,45
|
3,99
|
0,21
| |
6. Kerupuk
|
21,8
|
16,35
|
2,33
|
0,29
|
1,09
| |
7. Sambal
|
9,59
|
33,57
|
0,05
|
0,02
|
8,24
| |
8. Jeruk
|
129,48
|
41,95
|
0,84
|
0,19
|
10,44
| |
Jumlah
|
1017,98
|
1498,67
|
28,99
|
24,18
|
208,41
|